Adakan Aksi Demo di DPRD, Ini Beberapa Tuntutan HMI Tanjab Timur


Senin, 07 Oktober 2019 - 17:23:01 WIB - Dibaca: 241 kali

Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto (sebelah kiri baju putih) saat berdiskusi dengan massa dari Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Kabupaten Tanjab Timur di Kantor DPRD Tanjab Timur, Senin (7/9/2019).
Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto (sebelah kiri baju putih) saat berdiskusi dengan massa dari Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Kabupaten Tanjab Timur di Kantor DPRD Tanjab Timur, Senin (7/9/2019). [Andi Ansar | jernih.id]

JERNIH.ID, Muara Sabak - Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Kabupaten Tanjab Timur menggelar aksi demonstrasi di depan Bundaran Kantor DPRD Tanjab Timur, Kabupaten Tanjab Timur, Senin (7/9/2019)

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka menyikapi persoalan-persoalan di Kabupaten Tanjab Timur.

Dalam aksi tersebut sempat terjadi aksi dorong-mendorong antara mahasiswa dan pihak kepolisian diakibatkan massa aksi ingin menuju ke Gedung DPRD yang sementara berlangsung pelantikan.

HMI Cabang Persiapan Kabupaten Tanjab Timur pun merumuskan 10 tuntutan dalam demonstrasinya.

"Diantaranya mendesak Bupati untuk berkoordinasi dengan Gubernur Jambi agar segera mencabut ijin perusahaan atau koorporasi yang terkesan mebiarkan lahannya terbakar," ungkap Koorlap dalam orasinya

Selain itu, pihaknya juga menuntut pihak Pemda Tanjab Timur agar meningkatkan fasilitas pendidikan dan pelayanan kesehatan

"Meningkatkan pelayanan rumah sakit dan puskesmas serta menyediakan PUSTU di setiap Desa di wilayah Kabupaten Tanjab Timur," katanya.

Ia meminta, pihak Pemda Tanjab Timur segera menindaklanjuti tuntutan yang dikeluarkan oleh para demonstran.

"Apabila tuntutan kami tidak segera di tindak lanjuti, HMI Cabang Persiapan Tanjab Timur akan terus melakukan aksi, terkait persolan-persoalan Tanjab Timur" pungkasnya.

Pukul 11.24 Bupati Romi temui mahasiswa dan melakukan diskusi bareng dalam satu meja. Selain Bupati, Wabup, Kapolres, Kesbangpol, dan instansi terkait.

Dihadapan puluhan mahasiswa Bupati, menyambut baik aspirasi yang dilakukan para mahasiswa terkait kritikan pembangunan. Namun Bupati sedikit tidak setuju terkait tuntutan mahasiswa yang menganggap program pembangunan dianggap gagal total oleh mahasiswa.

Namun Romi tidak menyangkal jika Kabupaten Tanjabtim dikritik sebagai Kabupaten tertinggal dari Kabupaten lainnya oleh mahasiswa.

"Betul memang itu adanya saat ini, kita tertinggal namun yang perlu diketahui Kabupaten kita dimulai dari Nol. Saya saya kira saya memang perlu dikritik dan tidak masalah," ujar Romi.

Namun Romi mengatakan, jika dibilang belum memuaskan bagi masyarakat itu benar adanya dan tidak dipungkiri karena belum merata.

"Tetapi kalau dibilang gagal total itu terlalu sadis, maka dari itu saya bertanya apa yang dianggap gagal total," ungkapnya

Terkait tuntutan Mahasiswa yang mengkritik terkait tidak maksimalnya beberapa program dan pelayanan umum ditanggapi Bupati, satu diantaranya terkait Pendidikan yang dinilai mahasiswa masih banyak yang perlu dibenahi dan diperhatikan.

"Saya sepakat dengan tuntutan terkait pendidikan. Namun harus diketahui batasan kita Kabupaten hanya sebatas SD dan SMP dan permasalahan pendidikan juga menjadi PR bersama," ungkapnya

Ditambahkanya terkait permasalahan Asap, sampai saat ini ada satu perusahaan yang punya kewajiban kepada pemda hampir Rp 13 M namun belum dilakukannya.

Tidak perlu disebut perusahaan apa, dan siapa yang jelas untuk itu pemda tidak bisa berbuat apa apa terkait hal tersebut karena wewenang berada di provinsi namun pemda perlu peran para mahasiswa untuk permasalahan tersebut.

"Jika diperlukan penandatanganan petisi 1000 tanda tangan untuk diajukan ke gubernur terkait pencabutan izin perusahaan perusahaan tersebut, akan saya lakukan," tegas Bupati.

Selain itu permasalahan tonase dan permasalahan lainnya seperti dari pelayanan kesehatan pustu, dan terkait perawatan bantuan pemerintah juga dibahas dalam pertemuan bersama mahasiswa tersebut.

 

Penulis: Andi Ansar

Editor: Muhammad Syafei




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Mendaftar di PPP, H. Bakri Bawa Pengurus Lengkap PAN

JERNIH.ID, Kota Jambi - Setelah (18/10) kemarin mendaftar di NasDem dan PKB, H. Bakri yang merupakan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi kembali mendaftar penjaringan

POLITIK

CE Utus Putranya Mendaftar di PKS dan PKB

JERNIH.ID, Kota Jambi - Terus bergerilya mencari dukungan Parpol maju di Pilgub Jambi, Bupati Sarolangun Cek Endra melalui utusan tim yang langsung dikomandoi s

POLITIK

Wabup Amir Sakib Secara Resmi Tutup FASI 2019

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib tutup  secara resmi festival anak shaleh indonesia (FASI) ke-IX tingkat Kabupat

BERITA

Bupati Safrial Usulkan Lima Program CSR SKK Migas

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Bupati Tanjab Barat Dr Ir H Safrial Ms menghadiri undangan SKK Migas untuk menyampaikan paparan usulan program CSR SKK-Migas PetroChi

BERITA

Mendaftar di NasDem dan PKB, H. Bakri Harap Koalisi Pilgub 2015 Terulang

JERNIH.ID, Jambi - Maju di Pilgub Jambi 2020 mendatang, H. Bakri melalui utusan mendafatar penjaringan bakal calon kepala daerah di Partai NasDem dan PKB Provin

POLITIK

Advertisement