Tangani Karhutla, Pemkab Tanjabtim Gelar Rapat Bersama Kasdam II/Sriwijaya


Selasa, 17 September 2019 - 18:48:45 WIB - Dibaca: 111 kali

Kapolda Jambi, Irjend Pol H Muchlis AS, Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Haryanto, Kasdam II Sriwijaya, Brigjend TNI Syafrial, PSc. M.TR (Han) dan Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudi saat Menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Aula Kantor Bupati Bupati Tanjab Timur, Selasa (17/9/19) pagi. (Dari kiri ke kanan)
Kapolda Jambi, Irjend Pol H Muchlis AS, Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Haryanto, Kasdam II Sriwijaya, Brigjend TNI Syafrial, PSc. M.TR (Han) dan Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudi saat Menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Aula Kantor Bupati Bupati Tanjab Timur, Selasa (17/9/19) pagi. (Dari kiri ke kanan) [Humas Tanjab Timur]

JERNIH.ID, Muara Sabak - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), mengelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Aula Kantor Bupati Bupati Tanjab Timur, Selasa (17/9/19) pagi.

Rapat koordinasi lintas sektoral ini dihadiri Bupati Tanjab Tanjung Jabung Timur, Kapolda Jambi, Kepala Staf Kodam II/Sriwijaya, Danrem 042/Gapu, Dandim 0419/ Tanjab, Kapolres Tanjab Timur, unsur Forkompimda, perwakilan camat se-Tanjab Timur, dan perwakilan perusahaan.

Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Haryanto dalam sambutanya mengatakan bahwa tim gabungan TNI - Polri, Manggala Agni, Pemkab dan relawan saat ini masih berjibaku di sejumlah titik kebakaran.

"Perjuangan para petugas itu sungguh luar biasa. Bahkan ada sejumlah tim yang terus berpindah dari satu titik ke titik kebakaran lain. Tidak pulang sejak lebih satu bulan," kata Romi.

“Karena itu, sangat pantas mereka para pahlawan kemanusiaan itu kita beri reward,” tambahnya.

Kendala pemadaman adalah minimnya sumber air dan titik api yang jauh dari sumber air. Akan tetapi tim dan relawan tak pernah surut. Kapolres dan Dandim terus membakar semangat mereka.

Kasdam II Sriwijaya, Brigjend TNI Syafrial, PSc. M.TR (Han), dalam arahannya mengatakan upaya serius Satgas Karhutla itu harus diiringi dengan upaya yang lebih kongkrit. Hotspot yang muncul, yang masih kecil harus segera diatasi agar tak membesar. Pasalnya, saat sudah membesar bombing helikopter pun kadang tak lagi efektif. Karena itu, mengerahkan tim ke desa - desa yang terpetakan rawan karhutla menjadi penting.

“Lakukan pendekatan preventif agar mindset warga tentang cara membuka lahan tidak lagi dengan membakar. Sosialisasikan bahwa dampak yang ditimbulkan sangat serius dan berdampak hukum,” kata Kasdam.

Kasdam juga bercerita bahwa dalam perjalanan ke Muara Sabak bersama Kapolda, dari helikopter ia memperhatikan bahwa sebagian besar lahan yang terbakar justru bukan di areal perkebunan. Namun justru di lahan - lahan yang tampak kosong.

“Itu artinya kuat dugaan sengaja dibakar, bukan terbakar,” ungkap Kasdam.

Kapolda Jambi, Irjend Pol H Muchlis AS yang juga memberi arahan mengatakan bahwa hari ini diterjunkan tim tambahan sejumlah 40 personil. Tim ini khusus menangani masalah sanksi bagi pelaku pembakar hutan dan lahan. Tim ini dibagi di sejumlah kabupaten lokasi karhutla.

“Mereka khusus memburu para pelaku untuk kita ambil tindakan tegas. Tetap koordinasinya dengan Polres - Polres setempat,” ungkap Muchlis.

Ditambahkanya, belum lama ini terungkap sebuah modus baru karhutla di daerah lain. Ada perusahaan yang menyuruh orang lain untuk membakar lahan. Kompensasinya, seandainya tertangkap dan dihukum, biaya hidup bagi kelurga si pelaku dijamin perusahaan.

“Ini di daerah lain. Mereka mencoba menekan biaya landclearing yang jelas jauh lebih efisien dengan membakar,” jelas Kapolda.

Rapat ditutup dengan arahan Bupati Romi agar segera ditindaklanjuti dengan rapat terbatas antara satgas dan sejumlah perusahaan. Romi meminta ada upaya kongkrit menindaklanjuti arahan Kasdam dan Kapolda.

“Kita minta dukungan perusahaan di sini agar upaya satgas bisa lebih lancar dan kongkrit,” tutupnya.

Penulis: Andi Ansar

Editor: Muhammad Syafei




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Mendaftar di PPP, H. Bakri Bawa Pengurus Lengkap PAN

JERNIH.ID, Kota Jambi - Setelah (18/10) kemarin mendaftar di NasDem dan PKB, H. Bakri yang merupakan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi kembali mendaftar penjaringan

POLITIK

CE Utus Putranya Mendaftar di PKS dan PKB

JERNIH.ID, Kota Jambi - Terus bergerilya mencari dukungan Parpol maju di Pilgub Jambi, Bupati Sarolangun Cek Endra melalui utusan tim yang langsung dikomandoi s

POLITIK

Wabup Amir Sakib Secara Resmi Tutup FASI 2019

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib tutup  secara resmi festival anak shaleh indonesia (FASI) ke-IX tingkat Kabupat

BERITA

Bupati Safrial Usulkan Lima Program CSR SKK Migas

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Bupati Tanjab Barat Dr Ir H Safrial Ms menghadiri undangan SKK Migas untuk menyampaikan paparan usulan program CSR SKK-Migas PetroChi

BERITA

Mendaftar di NasDem dan PKB, H. Bakri Harap Koalisi Pilgub 2015 Terulang

JERNIH.ID, Jambi - Maju di Pilgub Jambi 2020 mendatang, H. Bakri melalui utusan mendafatar penjaringan bakal calon kepala daerah di Partai NasDem dan PKB Provin

POLITIK

Advertisement