Difasilitasi UPTD KPHP Tanjabbar, Kelompok Tani Hutan Bernai Adakan Pertemuan dengan PT RHM


Senin, 01 Juli 2019 - 20:03:50 WIB - Dibaca: 389 kali

Suasana Rapat Kemitraan pengelolaan Hutan oleh anggota Kelompok Tani Hutan Bernai Harapan Desa Lubuk Bernai yang diinisiasi oleh UPTD KPHP Tanjung Jabung Barat dan dihadiri perwakilan PT. Rimba Hutani Mas (RHM) dan pendamping Yayasan Cappa Jambi. (Senin, 1/7/19).
Suasana Rapat Kemitraan pengelolaan Hutan oleh anggota Kelompok Tani Hutan Bernai Harapan Desa Lubuk Bernai yang diinisiasi oleh UPTD KPHP Tanjung Jabung Barat dan dihadiri perwakilan PT. Rimba Hutani Mas (RHM) dan pendamping Yayasan Cappa Jambi. (Senin, 1/7/19). [CAPPA Jambi]

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Paska verifikasi administari kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Hari ini, Senin (1/7/19) anggota Kelompok Tani Hutan Bernai Harapan Desa Lubuk Bernai bertemu dengan Perwakilan PT. Rimba Hutani Mas (RHM).

 

Direktur Cappa Jambi, M. Zuhdi yang hadir mendampingi kelompok tani mengatakan pertemuan tersebut membahas tindak lanjut kedepan untuk proses kemitraan kehutanan yang merujuk pada regulasi perhutanan sosial.

 

"Kegiatan ini difasilitasi UPTD KPHP Tanjung Jabung Barat," kata Cik Edi sapaan akrab M. Zuhdi.

 

Dijelaskan Cik Edi dari hasil verifikasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat terdapat 501 data lengkap, data KTP yang belum elektronik sebanyak 3 KK, data NIK yang tidak sesuai 8 KK dan data NIK ganda 1 KK.

 

"Dari 513 data yang diverifikasi, 512 diterima demgan catatan 3 KK yang belum elektronik, 7 KK tidak sesuai NIK dan 1 KK NIK ganda, perlu adanya validasi data oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," katanya.

 

Sementara, dari hasil verifikasi objek seluas 2.047,47 Ha, dikurangin 5,02 Ha, karena yang bersangkutan berdomisili di Kota Jambi sehingga yang dimitrakan berjumlag 2.042,45 Ha.

 

"Adapun objek yang dimitasi ab yakni, hutan sekunder, belukar dan kebun masyarakat," jelasnya.

 

Masih dikatakan Cik Edi, dari hasil pertemuan tadi disepakati terhadap hutan sekunder yang tersisa masih dipertahankan dan dilakukan pengayaan dengan tanaman-tanaman yang produktif. Selain itu untuk pariwisata masyarakat berkeingin mengelola dengan bantuan perusahaan dan pihak terkait lainnya.

 

Selanjutnya, juga disepakati sepanjang sungai yang rusak akan direhabilitasi dengan tanaman kayuan yang mempunyai nilai ekonomis.

 

"Sementara lahan yang terlanjur ditanam komoditi perkebunan akan tetap dikelola masyarakat dengan ketentuan tanaman sawit produktif diberikan waktu satu kali daur tanam dan tanaman karet dan buah-buahan akan ditingkatkan produktifitasnya," ucapnya.

 

"Mulai saat ini masyarakat tidak diperkenankan lagi membuka hutan dan menanam kelapa sawit," ungkap Cik Edi.

 

Pada pertemuan ini juga turut dihadiri Ketua KPHP Tanjabbar, Dri Handoyo, Direktur Cappa M. Zuhdi, Perwakilan PT. RHM Iskandar, Deden Haris, Sekdes Lubuk Bernai Ansor Alam, Ketua KTH Bernai Harapan, Basnan dan Wakil KTH Bernai Harapan, Zainal Abidin dan tamu undangan lainnya.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syafei




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Mendaftar di PPP, H. Bakri Bawa Pengurus Lengkap PAN

JERNIH.ID, Kota Jambi - Setelah (18/10) kemarin mendaftar di NasDem dan PKB, H. Bakri yang merupakan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi kembali mendaftar penjaringan

POLITIK

CE Utus Putranya Mendaftar di PKS dan PKB

JERNIH.ID, Kota Jambi - Terus bergerilya mencari dukungan Parpol maju di Pilgub Jambi, Bupati Sarolangun Cek Endra melalui utusan tim yang langsung dikomandoi s

POLITIK

Wabup Amir Sakib Secara Resmi Tutup FASI 2019

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib tutup  secara resmi festival anak shaleh indonesia (FASI) ke-IX tingkat Kabupat

BERITA

Bupati Safrial Usulkan Lima Program CSR SKK Migas

JERNIH.ID, Kuala Tungkal - Bupati Tanjab Barat Dr Ir H Safrial Ms menghadiri undangan SKK Migas untuk menyampaikan paparan usulan program CSR SKK-Migas PetroChi

BERITA

Mendaftar di NasDem dan PKB, H. Bakri Harap Koalisi Pilgub 2015 Terulang

JERNIH.ID, Jambi - Maju di Pilgub Jambi 2020 mendatang, H. Bakri melalui utusan mendafatar penjaringan bakal calon kepala daerah di Partai NasDem dan PKB Provin

POLITIK

Advertisement