Bupati Safrial Resmikan dan Uji Kelayakan Trayek Baru Kuala Tungkal - Batam di Pelabuhan Roro


Kamis, 11 April 2019 - 20:42:04 WIB - Dibaca: 68 kali

Bupati Tanjab Barat, Dr Ir H Safrial MS bersama Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jambi, Adhi Putra, beserta  unsur Forkopimda dan Kepala OPD saat berada di Kapal dalam rangka uji sandar dan uji kelayakan trayek baru Kuala Tungkal menuju Batam di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal. (11/4/19).
Bupati Tanjab Barat, Dr Ir H Safrial MS bersama Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jambi, Adhi Putra, beserta  unsur Forkopimda dan Kepala OPD saat berada di Kapal dalam rangka uji sandar dan uji kelayakan trayek baru Kuala Tungkal menuju Batam di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal. (11/4/19). [Humas Pemkab Tanjab Barat]

JERNIH.CO.ID, Kuala Tungkal - Bupati Tanjung Jabung Barat, Ir Safrial saksikan uji sandar dan uji kelayakan trayek baru Kuala Tungkal menuju Batam di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

 

Pada uji kelayakan ini dilaksanakan langsung oleh Bupati Tanjab Barat, Dr Ir H Safrial MS disaksikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jambi, Adhi Putra, beserta  unsur Forkopimda dan Kepala OPD. 

 

Saat uji sandaran tersebut, Bupati berharap dengan uji sandaran ini, kapal dapat beroperasi dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

"Harapan kita arus barang dan orang yang dari Jambi khususnya dari Kuala Tungkal ke Batam semakin lancar," ujarnya. 

 

Bupati juga menyampaikan selama ini Pelabuhan Roro Kuala Tungkal melayani trayek ke Batam, namun harus transit di Dabo. 

 

Sehingga kedepannya dengan adanya kapal ini akan mengangkut produk pertanian baik dari dalam maupun keluar Tungkal. Sebab pemerintah telah melakukan kerjasama dengan pemerintah kerinci sebagai pensuplai produk pertanian. 

 

Kapal yang melaksanakan rangka uji sandar dan uji kelayakan trayek baru Kuala Tungkal menuju Batam di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal. (11/4/19). Foto : Humas Pemkab Tanjab Barat

 

Bupati menyampaikan untuk waktu tempuh sekitar 16 jam, namun untuk memastikan akan dilakukan uji coba terlebih dahulu. 

 

Sementara untuk muatan kapal tersebut muat menampung 40 kapal dengan jumlah penumpang 600 orang.

 

Safrial mengatakan Kuala Tungkal merupakan pintu gerbang menuju provinsi Jambi yang memiliki pelabuhan, yaitu pelabuhan Roro dan satu satunya di Provinsi Jambi. 

 

"Kita berharap nanti pemerintah provinsi Jambi mendukung apa yang kita laksanakan hari ini," harapnya.

 

Kedepannya pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi mengupayakan bagaimana arus barang dan penumpang semakin banyak. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

 

Sementara terkait kerawanan masuk barang illegal, Bupati mengatakan akan segera dipasangi alat X-Ray. 

 

"Saya sudah perintahkan kadis perhubungan untuk membuat ruang, untuk membeli nanti X-Ray. Supaya setiap orang dan barang lewat melalui X-Ray," ujarnya. 

 

Selain itu juga pemerintah akan memfasilitasi penumpang dan barang yang akan berangkat dengan kendaraan khusus. 

 

"Setelah uji sandar, ternyata nyaman gitu. Dalam waktu dekat jadwal keberangkatan diumumkan," tutupnya. 

 

Yulman, Direktur PT Jembatan Nusantara mengatakan siap untuk mengoperasikan, melayani lintasan Tungkal ke Batam.

 

Peranan kapal ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat Kuala Tungkal. 

 

"Kami secara optimal apa yang menjadi program pemerintah siap mendukung, hendaknya ada efek terhadap perekonomian," katanya.

 

Dia mengatakan setelah melakukan uji kelayakan tersebut, pihaknya akan melakukan pelayaran perdananya pada bulan april ini.

 

Sementara itu Adhi Putra, Kadishub Provinsi Jambi mengatakan dengan uji sandaran ini memberikan warna baru bagi transportasi laut di Provinsi Jambi.

 

Adhi Putra mengatakan perekonomian Jambi harus berkembang. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk melakukan pengembangan transportasi laut dari Kuala Tungkal menuju Batam.

Penulis: Muksin

Editor: Muhammad Syafei




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Kapolda Jambi Tinjau Rapat Pleno PPK Kecamatan Telanaipura

JERNIH.CO.ID, Kota Jambi - Rapat Pleno tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Telanaipura hingga hari ini, Senin (22/4) masih digelar yang ber

BERITA

Data Terhimpun Hampir 100 Persen, Kemas Faried Raih 3000 Suara Lebih di Dapil III

JERNIH.CO.ID, Kota Jambi - Data real count yang dihimpun sudah hampir mencapai 100 persen, Caleg DPRD Kota Jambi, Kemas Faried Alfarelly dari Partai Golkar

POLITIK

Jaga Pemilu, Polres Tanjabtim Gelar Apel Operasi Mantap Brata 2019

JERNIH.CO.ID, Muara Sabak - Apel Pergeseran Pasukan guna pengamanan Pemilu 2019 di Halaman Kepolisian Resor (Polres) Tanjung Jabung Timur, Senin pagi (15/4

BERITA

Meski Kekurangan Surat Suara, KPU Merangin Distribusikan Logistik Pemilu

JERNIH.CO.ID, Merangin - Bupati Merangin Alharis, S.Sos, MH meresmikan pelepasan pendistribusian logistik Pemilu serentak 2019 di Gudang KPU Merangin, Bang

BERITA

Hantarkan Kader Terbaik ke Kursi Legislatif, IPK Jambi : Kami Tidak Akan Gunakan Politik Uang

JERNIH.CO.Id, Kota Jambi - Hari terakhir masa kampanye, Ikatan Pemuda Karya (IPK) Jambi menyatakan sikap mendukung penuh kader-kader terbaik IPK untuk dudu

POLITIK

Advertisement